MURYATI GAYO@TEMANRHOMA

Jakarta, 17 Mei 2015

Kalau sama bu Muryati Gayo memang baru tahun 2013 saya kenal beliau. Saat itu saya baru berteman dengan fans of Rhoma and Soneta. Tetapi, berteman dengan ayahanda dari bu muryati saya sejak tahun 2008. Waktu itu pak gayo -kami menyebut asal etnis untuk orang tua bu muryati- tengah menjadi pejabat di Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta. Pekerjaan saya seringkali berhubungan dengan pak gayo di pengawas Pemilu. Hubungan kerja ini berlanjut hingga tahun 2012. Bahkan saya pernah bersama beliau melakukan monitoring pengawasan jalannya Pemilihan Gubernur Provinsi Aceh hingga dua kali di tahun 2011 dan 2012. Pak Gayo ini sempat menjadi saksi ahli saya ketika bersidang di Mahkamah Konstitusi tahun 2013 lalu.



Namanya Muryati Gayo jelas berasal dari Gayo. Tahun 1998 saya sudah melakukan penelitian di Aceh Tengah ini dan Aceh Tenggara yang berbatasan lansung dengan Aceh. Sempat naik motor becak yang menjadi kendaraan disana dulu. Di era permintaan referendum Aceh saya harus keliling Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Tenggara lalu kembali ke Banda Aceh. Sementara teman-teman lainnya dari staf peneliti lokal Aceh melakukan wawacara di daerah sisanya seperti Lhokseumawe, Aceh Besar dan sekitarnya.

Ketika mengenal Muryati Gayo saya tidak tahu persis kalau beliau adalah anak dari sejawat saya selama ini. Tentu saja saya kaget, karena saya akan dianggap ABG...angkatan babeh gue..padahal saya kan dibawah 40 tahun...Saya sempat cek pak Gayo dan beliau mengkonfirmasi kebenaran berita. Maksudnya kalau pakai nama Gayo tidak otomatis anak, karena Gayo merupakan nama Etnis di Aceh.


Muryati Gayo sendiri biasanya tidak pernah jauh dari bingkai kamera Rhoma Irama. Berulang kali saya melihat di acara-acara rhoma irama dan soneta seperti tahun baru, forsa atau PAMMI selalu hadir. Ya, beliau teryata aktif di lembaga-lembaga yang berbau Rhoma dan Soneta. Saya kemudian berteman dengan Muryati Gayo ketika menjadi sekretaris Tim Rhoma Irama for Republik Indonesia atau Riforri. Di Riforri ini kami menjadi sejawat bekerja bahu membahu menjadi isu Rhoma Irama sebagai presiden menjadi signifikan. Bu Gayo merupakan orang bagian dalam yang cermat mempersiapkan perangkat kegiatan hingga berlangsung sukses.


Mohon maaf kepada bu Gayo karena baru sekarang bisa menuliskan pertemanan kita. Lain kali kalau ada sumur di ladang boleh lah awak tulis lagi. Tapi, kumpulin foto-foto bu gayo yang bagus baru bisa bikin cerita seperti ini

3 tampilan

© 2023 by MORGAN ZACHS. Proudly made by Wix.com

  • Facebook Clean
  • Instagram Clean
  • Twitter Clean
  • Flickr Clean