DIDI RHYTHM @TEMAN RHOMA DAN PENJAGA TOILET


Ciranjang- Cianjur, Jawa Barat, 4 Juli 2014

Lahir di Tembilahan, Provinsi Riau. Namanya Didi. Rhythm pegangannya. Penampilannya kalem-kalem saja. Selama perjalanan duduk di kursi belakang. Agak flu ketika tampil di jateng, karena basah kuyup ketika pertunjukan berlangsung. Hujan deras dan panggung bocor menyebabkan bang didi terkena tampias. Selanjutnya flu melanda, mungkin tidur banyak solusinya. Nanti bang Didi tanggal 5 Juli sd 9 Juli 2014 bisa istirahat total sebelum tampil kembali dalam live sahur Trans 7.




Saya terkesan dengan bang didi, ketika di rumah makan ciranjang, Cianjur. Kami malam itu berangkat dari hotel usai pertunjukan konser di Cianjur menuju Cimahi. Malam itu singgah untuk makan malam. Ada penjaga toilet yang tengah asyik mendengarkan lagu-lagu Soneta dari tape kecil dengan baterai. Dia tidak tahu kalau rombongan yang baru saja turun adalah rombongan Soneta. Mungkin seumur-umur nggak kepikiran kalau Soneta akan ketemu dengan dia. Penjaga toilet itu mungkin hanya kenal rhoma, tidak dengan yang lainnya.



"iye, lagu naon?" bang didi sedikit bisa bahasa Sunda, bertanya tentang musik yang didengarkan. "Iye lagu -lagu soneta" jawab abang itu menjelaskan bahwa itu lagu-lagu soneta. "Akang, fans soneta?" tanya bang didi lagi. "Sumuhun" tegasnya. Ia benar arti bahasa Indonesianya. Bang didi entah gimana menyerahkan jaket luarnya ke si abang ini. Setelah lewat si abang keheranan kenapa dikasih jaket. Saya langsung bisikin ke si akang. "eta teh, kang didi. Crew-na Soneta. Ari di lebet aya kang haji rhoma sareng rorombongan nuju dahar". Si abang langsung nangis sesegukan. Dan menunggu bang didi keluar dari rumah makan untuk mengucapkan terima kasih.



berikut detil tentang DIDI HARISMAN (Rhythm Guitar) dari mas nur Soneta Mania: " 10 HARI HARUS MEMPELAJARI 40 LAGU SONETA LENGKAP DENGAN KOREOGRAFI-NYA " Saya masuk SONETA tahun 91/92. Adalah Almarhum Andi, biasa dipangil Ance, pelawak dari Dian Grup yang mengenalkan saya kepada Pak Haji. Suatu waktu ketika saya sedang mengisi disuatu tempat hiburan beliau memberitahukan bahwa Pak Haji sedang mencari seorang pemain gitar untuk menggantikan pemain gitar saat itu yaitu Lukman Jabek yg juga baru masuk di Soneta menggantikan Haji Wempy. " Kalo ente minat gabung bersama Soneta, ente besok temuin aji Oma dirumahnya, biar nanti ane yang kasih tau ke aji Oma", kata Andi kepada saya. Keesokan harinya saya datang kerumah Pak Haji di bilangan Mampang. Ketika datang, saya menemui Pak Haji yang saat itu sedang bersenandung dengan gitar bolong.


Pak Haji jauh dari penampilan biasanya, ia hanya memakai piyama dan kain sarung. Setelah menyampaikan maksud kedatangan saya, Pak Haji tesenyum, dan memberikan gitarnya kepada saya. " Coba ente main iringin ane nyanyi", begitu ucap Pak Haji. Mulailah saya memainkan gitar. Kalau tidak salah ingat saat itu saya mengiringi pak Haji membawakan lagu Roda Kehidupan. Gemetar tangan ini mengiringi senandung beliau. SEtelah beberapa lagu pak Haji-pun berujar," asyik juga nyanyi diiringin ente maen gitar". " Wan, Sir, Pong gimana nih kira-kira menurut ente?, teriak Pak Haji. Tiba-tiba dari balik pintu keluar personil Soneta, antara lain Haji Riswan, Haji Nasir, Haji Popong. Saya sangat terperanjat, ternyata ini sudah dipersiapkan. Setelah semua bilang boleh dicoba, Pak Haji menggenggam tangan saya sambil berucap, "selamat bergabung dengan SONETA.."


Setelah itu saya mendapat perintah untuk mempelajari sekitar 40 lagu SONETA lengkap dengan gerakan koreografinya. Waktu yang disediakan hanya 10 hari karena SONETA akan langsung berangkat show di tiga kota di Malaysia. Sampai dirumah saya bersujud syukur karena bisa bergabung dengan SONETA yang tentu saja tidak semua orang bisa merasakannya...."

0 tampilan

© 2023 by MORGAN ZACHS. Proudly made by Wix.com

  • Facebook Clean
  • Instagram Clean
  • Twitter Clean
  • Flickr Clean